Tips Olahraga Sebelum Tidur yang Perlu Diperhatikan

Olahraga sebelum tidur menjadi kebiasaan yang semakin populer di kalangan banyak orang. Padatnya rutinitas di siang hari membuat banyak orang memilih berolahraga di malam hari.

Meski menyehatkan, tapi penting untuk memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan agar tubuh tetap sehat dan tidak terganggu waktu tidur.

Dikutip dari Halodoc, berikut adalah tips olahraga yang baik untuk dilakukan sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar tidur bisa lebih berkualitas.

1. Tipe Olahraga

Tipe olahraga malam hari

Pada dasarnya, olahraga adalah kegiatan dimana tubuh dapat bergerak bebas, namun perlu Anda ketahui olahraga memiliki beberapa tipe.

Tipe olahraga yang baik dilakukan sebelum tidur adalah yang memiliki intensitas rendah atau ringan. 

Tujuannya untuk merenggangkan otot-otot dan merelaksasikan tubuh. Dengan keadaan yang rileks, tubuh dapat lebih tenang dan mudah untuk tidur. 

Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan sebelum tidur adalah yoga dan peregangan tubuh. Perlu diingat untuk menghindari melakukan olahraga yang berat sebelum tidur, cukup olahraga ringan saja.

Baca Juga: Tidak Bisa Tidur? Coba Terapkan 4 Kebiasaan Sederhana Ini

2. Durasi Olahraga

durasi olahraga sebelum tidur

Menjaga durasi olahraga sebelum tidur dalam rentang yang wajar akan membantu keseimbangan yang baik antara aktivitas fisik dan istirahat malam yang nyenyak.

Idealnya, sekitar 30 hingga 45 menit olahraga ringan atau sedang sudah cukup untuk merangsang tubuh dan pikiran agar lebih rileks.

Akan tetapi, banyak peneliti yang menyarankan untuk melakukan olahraga dalam waktu yang ringan saja sekitar 30 menit sudah cukup. 

Dengan olahraga ternyata mampu mengatasi gangguan susah tidur dan memperbaiki kualitas tidur seseorang sehingga membuat tidur lebih nyenyak dan ketika bangun badan menjadi lebih bugar.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

3. Bersihkan Diri Setelah Olahraga

mandi setelah olahraga malam

Setelah berolahraga sebelum tidur, penting untuk membersihkan diri dengan baik. Selain membantu menjaga kebersihan tubuh, membersihkan diri setelah olahraga juga memiliki manfaat yang lain. 

Ketika kita berolahraga, tubuh kita mengeluarkan keringat dan kotoran yang dapat menempel pada kulit. Selain itu, mandi setelah olahraga juga dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran.

Jadi, jangan lupa untuk menyempatkan diri membersihkan diri setelah berolahraga, karena ini adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan kita setelah sesi olahraga sebelum tidur.

4. Jarak dari Olahraga ke Waktu Tidur

jarak waktu olahraga sebelum tidur

Banyak yang beranggapan bahwa olahraga pagi lebih baik daripada olahraga malam. Namun faktanya baik olahraga pagi maupun olahraga malam memiliki manfaat masing-masing. 

Ketika olahraga pagi, tubuh memperoleh sinar matahari dan mendapatkan vitamin D yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Sedangkan manfaat olahraga malam hari yaitu dapat menghilangkan stress dan merelaksasikan tubuh sehingga tidur dapat lebih pulas.

Namun ketika Anda melakukan olahraga malam, sebaiknya dilakukan tidak dekat dengan waktu tidur. Jam olahraga malam yang baik  antara 60-90 menit sebelum tidur.

Hal tersebut bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh setelah kontraksi saat berolahraga. Perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk berolahraga malam ketika tubuhmu sedang capek atau lelah yang berlebihan.

Beberapa tips olahraga sebelum tidur tadi bisa kamu coba. Dengan mengikutinya, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan merasa lebih sehat.

Jangan lupa jika setiap orang punya kebutuhan olahraga dan fisik yang berbeda, sehingga kamu perlu sesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Persiapkan juga tempat tidur yang nyaman agar dapat beristirahat dengan nyaman dan berkualitas. Seperti menggunakan bedcover yang adem dan lembut seperti My Love Bedcover.

Dengan material paling banyak katunnya di kelasnya, membuat bedcover My Love adem dan bahannya menyerap keringat.

Pilihan motifnya juga banyak dan bisa Anda cek di website resmi My Love Bedcover. Checkout langsung dengan lebih mudah melalui website, barang dijamin asli dikirim langsung dari lokasi produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.