Tidak Bisa Tidur? Coba Terapkan 4 Kebiasaan Sederhana Ini

Anda pernah bertanya-tanya kenapa susah tidur seringkali dialami dan apa penyebabnya? Tidak bisa tidur atau insomnia adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang.

Insomnia artinya gangguan tidur yang dapat mengganggu kualitas hidup sehari-hari, membuat merasa lelah, tidak bertenaga, dan sulit berkonsentrasi. 

Ada berbagai faktor penyebab sulit tidur, seperti stres, kecemasan, pola tidur yang tidak teratur, atau lingkungan tidur yang tidak nyaman.

Jika Anda termasuk orang yang kerap tidak bisa tidur malam atau insomnia, ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan agar hal tersebut dapat dihindari.

1. Membersihkan Tubuh

membersihkan tubuh

Jika Anda sering mengalami insomnia atau sulit tidur, pertimbangkan untuk mandi air hangat sebelum tidur. 

Suhu tubuh memiliki dampak signifikan terhadap kualitas tidur. Mandi air hangat mampu menenangkan otot-otot di seluruh tubuh, membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Alhasil, Anda akan bisa tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini agar Tidur Lebih Nyenyak

2. Merapikan Kamar

Merapikan kamar

Suasana kamar yang kurang nyaman, berantakan, dan kotor dapat membuat kualitas tidur menjadi buruk.

Bahkan bisa saja membuat Anda tidak bisa tidur. Selain itu, kamar yang kotor juga dapat menyebabkan berbagai penyakit ataupun alergi. 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membersihkan dan merapikan kamar terlebih dahulu sebelum beranjak tidur.

Penataan barang-barang di dalam kamar yang rapi serta hiasan kamar juga dapat membantu proses tidur yang nyenyak dan nyaman. Membuat Anda bangun di pagi hari dalam keadaan yang bugar dan fresh.

3. Kurangi Penggunaan Gawai

main hp sebelum tidur

Anda yang kecanduan gawai atau gadget pasti akan mengalami kesulitan atau tidak bisa tidur. Apalagi jika Anda dengan intens memainkan gadget sebelum tidur dan dalam durasi yang cukup lama. 

Menggunakan hp sebelum tidur bisa membawa dampak buruk dan membuat Anda insomnia. Ada baiknya untuk mengurangi penggunaannya agar Anda bisa tidur dengan nyenyak. 

Selain itu, cahaya yang dikeluarkan oleh gadget dapat mengurangi jumlah melatonin dalam tubuh, yang dikenal sebagai hormon yang membantu Anda tertidur dengan nyaman. Ini bisa jadi penyebab susah tidur yang Anda alami.

Maka, penting untuk mematikan gadget setidaknya satu jam sebelum waktu tidur agar mudah tertidur dan menghindari insomnia.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kurang Tidur, Anda Mengalaminya?

4. Pasang Sprei dan Sarung Bantal Baru

pasang sprei baru

Rutin mengganti sprei dua minggu sekali merupakan kebiasaan yang penting untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

Dengan mengganti sprei secara berkala, kita dapat memastikan bahwa tempat tidur tetap bersih dan segar.

Selain menjaga kebersihan, mengganti sprei secara rutin juga dapat membuat suasana yang baru dan menyegarkan dalam kamar tidur. 

Kebiasaan sederhana ini dapat membantu mengurangi gangguan tidur dan menambah suasana yang nyaman di kamar tidur.

Suasana baru dari rutin mengganti sprei dan bedcover membuat perasaan menjadi tenang dan menyenangkan saat berbaring di tempat tidur.

Sprei dan bedcover bisa memberikan tampilan yang indah di kamar tidur Anda. Apalagi motifnya pun sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan desain di kamar Anda.

Anda bisa cek koleksi sprei & bedcover dari My Love, California by My Love, dan Hawaii by My Love melalui website resmi My Love Bedcover. Produk dijamin 100% ori dikirim langsung dari tempat produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.