Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur punya manfaat yang untuk tubuh. Setelah tidur sepanjang malam, tubuh Anda membutuhkan penyegaran untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Sejumlah ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum setidaknya satu hingga dua gelas air putih segera setelah bangun tidur. Hal ini mungkin sering terlewatkan, namun memiliki manfaat pada kesehatan.

Sebenarnya apa manfaat minum air putih setelah bangun tidur? Penjelasan di bawah ini akan membuat Anda membiasakan minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari.

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

1. Menghidrasi Tubuh

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, minum air putih setelah bangun tidur sangat dianjurkan untuk menjaga hidrasi tubuh. Selama tidur, tubuh Anda mengalami kehilangan cairan. 

Hal ini membuat tubuh membutuhkan cairan saat Anda bangun tidur. Oleh karena itu, minum air saat baru bangun tidur dapat mengembalikan cairan yang hilang selama tidur serta mempersiapkan tubuh untuk beraktivitas.

Baca Juga: 7 Manfaat Tidur Siang yang Perlu Diketahui

2. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur seperti memberi bahan bakar untuk proses metabolisme tubuh.

Ketika minum air setelah bangun tidur, artinya Anda memberitahu tubuh untuk memulai aktivitas harian. Tubuh merespons dengan meningkatkan suhu tubuh dan energi yang dibutuhkan.

3. Membantu Menyehatkan Kulit

Kulit yang sehat memerlukan hidrasi yang cukup. Dikutip dari laman resmi Siloam Hospital, minum air setelah bangun tidur membantu menjaga kulit tetap lembab.

Manfaat air putih untuk wajah dan tubuh adalah membantu mengurangi risiko masalah kulit seperti kering.

Salah satu alasannya adalah karena air akan membantu membuang racun dalam tubuh, termasuk racun yang mengganggu kesehatan kulit. 

4. Menyegarkan Pikiran

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, otak bisa berfungsi secara optimal. Pikiran yang segar ini membantu Anda untuk memulai hari dengan lebih baik.

Minum air putih setelah bangun tidur,memberi otak dukungan yang diperlukan untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Selain itu, manfaat menyegarkan pikiran juga berpengaruh pada suasana hati dan kesejahteraan emosional. 

Sehingga, Anda akan menjadi lebih segar dan siap menjalankan aktivitas harian dengan maksimal. Serta energi pikiran juga membutuhkan kadar air dalam tubuh. 

5. Membersihkan Asupan yang tertinggal

Minum segelas air putih di pagi hari bisa menjadi langkah ringan yang Anda ambil untuk menjaga tubuh tetap bersih dan sehat.

Saat Anda tidur, tubuh melakukan banyak pekerjaan untuk memperbaiki diri dan membersihkan zat-zat tidak sehat.

Sehingga minum air putih dapat membantu proses ini dan membantu ginjal dan hati untuk bekerja lebih efisien dalam menghilangkan racun.

Baca Juga: 4 Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur

6. Proses Penyembuhan

Minum air putih segera setelah bangun tidur memiliki manfaat penting dalam mendukung proses penyembuhan tubuh. 

Minum air putih saat pagi hari adalah langkah awal yang baik untuk memberikan dukungan dalam proses penyembuhan ini. 

Dengan menyediakan tubuh dengan hidrasi yang cukup, ini akan membantu mempercepat pemulihan setelah sakit atau cedera. 

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur sangat baik untuk dijadikan kebiasaan untuk tubuh.

Selain minum air putih setelah bangun tidur, pastikan perlengkapan tidur seperti sprei dan bedcover dipersiapkan dengan nyaman agar tidur nyenyak dan bangun segar.

Pilih produk yang sudah dikenal kualitasnya, seperti My Love, California by My Love, dan Hawaii by My Love.

Materialnya yang adem dan lembut akan membuat istirahat lebih nyaman. Cek berbagai koleksinya di website resmi My Love Bedcover.

Pilih produk favoritmu, check out lebih mudah dan untung dengan berbagai promonya. Barang dijamin 100% ori dan dikirim langsung dari tempat produksi. Yuk cek sekarang juga!

Sumber: Kementerian Kesehatan

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.