Susah Tidur? Ikuti 6 Cara agar Bisa Tidur Cepat Ini

Apakah Anda sedang mencari cara agar bisa tidur cepat? Kesulitan tidur memang cukup mengganggu dan berdampak negatif pada kesehatan.

Namun, tidak semua orang dapat tidur dengan cepat dan nyenyak. Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan untuk tidur atau bahkan insomnia.

Jika Anda sedang bingung bagaimana tips cepat tidur, salah satunya adalah dengan memberikan suasana yang menyenangkan di dalam kamar tidur tersebut.

Kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat melepas lelah setelah seharian bekerja dan beraktivitas. Sehingga penting sekali menciptakan rasa menyenangkan dan juga nyaman di dalamnya.

Ketika sebuah kamar tidur nyaman dan menyenangkan, maka pastinya akan semakin betah di dalamnya. 

Sehingga secara otomatis akan berpengaruh terhadap kualitas tidur. Jika kualitas tidur maksimal, maka badan lebih fresh sehingga dapat lebih bersemangat dalam beraktivitas pagi harinya.

Selain itu, apalagi yang bisa dilakukan ketika susah tidur di malam hari dan ingin cepat tidur? Ikuti beberapa tips cepat tidur berikut ini.

1. Memperindah Dekorasi Kamar Tidur

Memperindah Kamar Tidur | Sprei & Bedcover Fitted Hawaii By My Love | Motif Palma

Cara agar bisa tidur cepat yang pertama adalah mencoba untuk memperindah kamar tidur dengan memperhatikan dekorasinya. 

Meskipun Anda memiliki selera yang berbeda untuk urusan dekorasi kamar, namun hal yang tak kalah penting untuk dipikirkan adalah mengubah penampilan tempat tidur agar lebih indah.

Definisi indah sendiri mungkin antara satu orang dengan yang lainnya. Namun jika Anda bingung bagaimana caranya memperindah kamar tidur, maka bisa dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu bagian kasur.

Anda bisa mengubah bagian kasur mulai dari pemilihan sprei, selimut, bed cover dan yang lainnya. 

Pilihlah bahan yang lembut agar nyaman ketika digunakan. Selain itu, pemilihan warna dan motif atau model yang sesuai selera.

Menggunakan barang yang sesuai dengan keinginan akan menimbulkan rasa puas tersendiri.  Dengan begitu, maka akan meningkatkan rasa nyaman saat berada di dalam kamar tidur.

2. Batasi Paparan Cahaya Biru/Blue Light

Batasi Paparan Cahaya Biru/Blue Light

Blue light atau paparan cahaya biru dari perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berperan dalam mengatur tidur.

Sebaiknya, simpan handphone setidaknya sejam sebelum Anda tidur. Lebih baik lagi jika Anda menyimpan perangkat tersebut jauh dari kasur.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Pola Tidur yang Sehat dan Berkualitas

3. Melakukan Aktivitas Relaksasi sebelum Tidur

Melakukan Aktivitas Relaksasi sebelum Tidur

Melakukan aktivitas relaksasi sebelum tidur dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan tubuh, serta mempersiapkan tubuh untuk tidur. 

Cobalah relaksasi seperti membaca buku, mengatur nafas, atau mendengarkan musik tenang seperti white noise

Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan menciptakan perasaan rileks sebelum tidur.

4. Melakukan Aktivitas Fisik secara Teratur

Batasi Paparan Cahaya Biru/Blue Light

Cara cepat tidur yang berikutnya adalah beraktivitas secara teratur. Lakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki atau yoga beberapa jam sebelum tidur.

Namun, hindari latihan yang terlalu intens atau berat menjelang waktu tidur, karena hal tersebut dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat tidur sulit.

Baca Juga: Tips Olahraga Sebelum Tidur yang Perlu Diperhatikan

5. Hindari Tidur Siang yang Terlalu Lama

Melakukan Aktivitas Relaksasi sebelum Tidur

Salah satu penyebab seseorang sulit tidur di malam hari adalah tidur siang yang terlalu lama.  Ini menyebabkan kantuk di malam hari berkurang dan mengganggu pola tidur. 

Batasi durasi tidur siang sekitar 20-30 menit dan hindari tidur siang terlalu dekat dengan waktu tidur malam.

6. Menjaga Rutinitas Tidur yang Konsisten

Konsisten menjaga tidur teratur

Mengatur rutinitas tidur yang konsisten adalah langkah penting dalam membantu Anda tidur lebih cepat. Ada baiknya, Anda tidur siang atau malam dengan waktu yang sama.

Dengan menjaga rutinitas tidur yang konsisten, tubuh Anda akan terbiasa dengan jadwal tidur yang teratur dan memudahkan proses tidur.

Menerapkan beberapa tips sederhana yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mencapai tujuan tersebut. 

Menjaga rutinitas tidur yang konsisten, menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dan melakukan relaksasi sebelum tidur merupakan cara sederhana untuk bisa tidur cepat.

Nah itu dia beberapa tips supaya bisa tidur cepat yang bisa Anda coba. Jangan lupa siapkan tempat tidur yang nyaman dengan sprei yang lembut dan motif yang cantik seperti sprei Hawaii by My Love.

Anda bisa cek koleksi motif sprei Hawaii by My Love melalui website resmi My Love Bedcover. Checkout lebih mudah dengan garansi produk 100% ori dikirim langsung dari tempat produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.