Cara Tidur Cepat Menggunakan White Noise, Apa itu?

Pernah mendengar cara tidur cepat menggunakan white noise? Bagi Anda yang sering mengalami kesulitan tidur, pasti Anda sering mencari tips mengatasi susah tidur.

Salah satu cara agar cepat mengantuk dan tidur lebih nyenyak, adalah dengan memanfaatkan white noise.

Bagi yang belum familiar, mungkin Anda jadi bertanya-tanya apa sih white noise itu? Simak ulasan berikut agar mendapatkan informasi lengkapnya. 

Pengertian White Noise

Dikutip dari Alodokter, arti white noise adalah suara dengan energi yang rata di semua frekuensi, jadi terdengar seperti dengungan. Suara yang dihasilkan terbilang konsisten, lembut, stabil, dan merata.

suara air suara white noise

Contohnya seperti suara kipas, gemericik air hujan, angin berputar, lagu bernada rendah, suara jangkrik, deburan ombak, dan suara menyejukkan lainnya.

Baca Juga: Cara Tidur Nyenyak dengan Memperhatikan Empat Hal Ini

Kenapa White Noise Bisa Bantu Cepat Tidur?

Kemampuan White noise dalam membuat suara-suara lembut mampu menimbulkan rasa ingin tertidur dan terlelap dalam mimpi.

Kemampuannya untuk meredam suara bising di sekitar juga mampu merangsang otak untuk tidur lebih lelap. Sehingga, white noise sering digunakan sebagai cara tidur cepat.

Pasalnya, tidur yang lelap adalah hal yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi setelah beraktivitas seharian.

Manfaat White Noise

Menggunakan white noise pada saat istirahat memiliki banyak manfaat selain menjadi cara tidur cepat. Berikut manfaat yang bisa didapatkan.

1. Mengurangi Tingkat Kecemasan 

Mendengarkan white noise selama kurang lebih 5-10 menit setelah menjalani hari-hari yang buruk dapat membantu meringankan stres dan kegelisahan.

Pasalnya, suara yang sedikit mendengung dan lembut akan membantu anda tenang dan merasa lebih baik.

Mungkin bagi sebagian orang, mendengarkan sangat membosankan dan kurang menarik. Namun, sebagian lainnya menganggap sebagai panggilan alam yang sangat sejuk dan sangat menghibur.

2. Dapat Membantu Bayi Tertidur

Dikutip dari Orami, manfaat white noise berikutnya adalah bisa membantu bayi tidur lebih tenang. Pasalnya suara yang teratur dari white noise bisa meredam suara bising sehingga bayi lebih tenang dan lebih mudah tertidur.

Cara Tidur Cepat dengan White Noise

White noise bekerja dengan menghadirkan suara yang konstan dan konsisten ke telinga Anda. Suara ini memblokir atau menutupi suara-suara lingkungan yang mengganggu atau berisik.

suara white noise bisa bantu tidur

Ketika suara-suara latar belakang yang mengganggu ini terisolasi, otak Anda menjadi lebih mudah untuk merileks, sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak.

Ketika Anda merasa ngantuk tapi susah tidur, Anda bisa menggunakan white noise untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan cara seperti berikut.

1. Pilih Sumber Suara

Anda dapat menggunakan berbagai perangkat atau aplikasi yang menghasilkan white noise, seperti speaker khusus white noise atau Anda bisa cek white noise melalui YouTube di smartphone Anda.

2. Atur Volume yang Nyaman

Pastikan volume white noise tidak terlalu keras. Ini seharusnya cukup untuk menutupi suara-suara gangguan, tetapi tidak terlalu kuat sehingga mengganggu tidur Anda.

3. Gunakan Suara yang Sesuai

Anda dapat memilih berbagai suara white noise, seperti suara hujan, ombak laut, angin, atau suara hutan. Cobalah beberapa opsi untuk menemukan suara yang paling menenangkan bagi Anda.

Baca Juga: 6 Jenis Istirahat Selain Tidur, Apa Saja?

Itu dia pengertian hingga manfaat  white noise agar tidur lebih cepat. Selain menggunakan white noise, pastikan tempat tidur nyaman untuk dipakai beristirahat.

Misalnya sprei yang adem seperti sprei My Love akan membantumu tidur lebih nyenyak bebas gerah semalaman. 

Apalagi motifnya juga cantik-cantik, sehingga bisa membuat tampilan kamar jadi estetik. Cek koleksinya dan checkout lebih mudah di website My Love Bedcover produk 100% ori dikirim langsung dari tempat produksi.


Referensi: Alodokter

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.