Penyebab Berkeringat Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami sensasi terbangun dari tidur dengan tubuh yang basah oleh keringat? Keadaan seperti itu bisa membuat tidur terasa kurang nyaman.

Badan berkeringat saat tidur dapat menjadi salah satu cara badan memberitahukan kita jika memang ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan.

Supaya Anda bisa mengetahui penyebabnya, berikut ini beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab utama mengapa berkeringat saat tidur bisa terjadi.

Penyebab Berkeringat Saat Tidur

1. Suhu Kamar yang Panas 

Suhu Kamar yang Panas

Suhu kamar yang terlalu panas dapat menjadi salah satu penyebab tidak bisa tidur karena badan yang berkeringat. Ketika suhu ruangan meningkat, tubuh menghasilkan keringat untuk menjaga suhu tubuh yang optimal. 

Namun, jika suhu kamar terlalu tinggi, tubuh akan menghasilkan lebih banyak keringat, mengakibatkan tidur yang tidak nyaman dan terbangun dengan tubuh yang berkeringat.

Menurut National Sleep Foundation, suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengganggu kualitas tidur. 

Suhu yang direkomendasikan di kamar yakni sekitar 18 hingga 22 derajat celcius agar bisa tidur dengan nyaman.

Baca Juga: Susah Tidur? Ikuti 6 Cara agar Bisa Tidur Cepat Ini

2. Menggunakan Pakaian Tebal

Menggunakan pakaian tebal

Pakaian yang tebal membuat suhu tubuh naik dan udara tidak bersirkulasi dengan lancar di sekitar tubuh. Akibatnya, Anda bisa berkeringat saat tidur dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Sebab itu, salah satu cara mengatasi berkeringat saat tidur adalah dengan menggunakan pakaian yang ringan atau lebih tipis.

Pakaian tidur yang lebih ringan akan membantu menjaga sirkulasi udara dan mengurangi risiko berkeringat berlebihan saat tidur.

3. Makan / Minum yang Panas 

Makan / Minum yang Panas

Mengonsumsi makanan atau minuman yang panas sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh dan memicu keringat berlebihan saat tidur.

Selain memperhatikan pakaian tidur dan suhu kamar, penting juga untuk menjaga jarak antara waktu makan atau minum dengan tidur, terutama jika makanan atau minuman tersebut bersuhu panas. 

Disarankan untuk menunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan atau minum sebelum tidur. Dengan memberi jeda waktu yang cukup, tubuh akan memiliki waktu untuk mengatur suhu tubuh secara optimal.

4. Olahraga Berat sebelum Tidur

Olahraga Berat sebelum Tidur

Olahraga juga dapat memengaruhi kualitas tidur dan kecenderungan berkeringat berlebihan saat tidur. Ada baiknya untuk menghindari melakukan olahraga yang intens atau berat terlalu dekat dengan waktu tidur. 

Direkomendasikan untuk memberikan jeda waktu yang cukup antara sesi olahraga dan waktu tidur, setidaknya sekitar 2-3 jam.

Baca Juga: Tips Olahraga Sebelum Tidur yang Perlu Diperhatikan

5. Hot Flashes

Tubuh terkena Hot Flashes

Pernah mendengar istilah hot flashes? Dikutip dari Mayo Clinic, hot flashes adalah kondisi ketika tubuh merasa hangat secara tiba-tiba, biasanya sangat terasa di wajah, leher, dada, dan mengeluarkan banyak keringat.

Jika Anda mengalami hot flashes yang mengganggu tidur, ada beberapa langkah yang bisa dicoba. Atur suhu kamar agar tetap sejuk dan gunakan pakaian tidur yang ringan. 

6. Sprei yang Tidak Adem

sprei yang tidak adem

Saat tidur, tubuh kita akan mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Jika sprei tidak adem dan menyerap keringat, maka keringat akan menumpuk di permukaan kulit sehingga membuat tubuh terasa gerah dan tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Ketahui bahan atau material sprei yang anda gunakan. Pastikan gunakan sprei yang adem dan menyerap keringat untuk membantu Anda tidur lebih dan nyenyak.

Salah satu bahan material sprei yang menyerap air atau keringat adalah katun atau cotton yang kita ketahui bahan alami terbuat dari kapas yang memiliki sifat menyerap air.

Tidur dengan bahan sprei seperti ini menjaga suhu dan sirkulasi udara yang lebih baik sehingga mendapatkan tidur yang lebih nyaman dan berkualitas, Anda dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Salah satu sprei yang memiliki bahan yang adem dan menyerap keringat adalah My Love Bedcover. Selain itu, pilihan motifnya pun beragam sehingga bisa dipilih sesuai selera Anda.

Cek berbagai koleksi motifnya melalui website resmi My Love Bedcover. Checkout lebih mudah dengan jaminan barang 100% ori, dikirim langsung dari lokasi produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.