Waktu Tidur yang Baik Berdasarkan Usia, Wajib Tahu!

Tidur adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup. Namun pernahkah Anda bertanya tidur yang cukup berapa jam?

American Academy of Sleep Medicine (AASM) memberikan pedoman mengenai waktu tidur yang baik dan ideal berdasarkan usia.

Mengetahui berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan sesuai dengan usia dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Berapa Suhu Ruangan Normal untuk Tidur? Ini Jawabannya

Waktu Tidur yang Baik Berdasarkan Usia

Untuk Anda yang masih sering kebingungan mengenai minimal tidur berapa jam dalam sehari, berikut informasi waktu tidur yang baik berdasarkan usia yang perlu Anda ketahui.

1. Newborn (0-3 bulan): 11-19 Jam

Pada tahap ini, bayi sangat memerlukan tidur untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Pemberian makanan, perawatan, dan pemenuhan kebutuhan lainnya dapat mempengaruhi durasi tidur dan perkembangan bayi.

2. Bayi (4-11 bulan): 12-15 Jam

Waktu tidur bayi

Waktu tidur bayi berkurang sedikit seiring pertumbuhan, namun tetap sangat penting. Pada usia ini, rutinitas tidur dapat membantu mengatur pola tidur.

3. Anak Balita (1-2 tahun): 11-14 Jam

Anak-anak balita masih memerlukan waktu tidur yang cukup dan rutinitas tidur yang konsisten dapat membantu pertumbuhan mereka.

4. Anak Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 Jam

Seiring dengan pertumbuhan dan aktivitas fisik yang meningkat, anak-anak pra-sekolah memerlukan waktu tidur yang cukup untuk mendukung kesehatan dan keaktifan mereka.

5. Anak Sekolah (6-12 tahun): 9-12 Jam

anak-anak sekolah untuk memiliki jadwal tidur yang konsisten

Penting bagi anak-anak sekolah untuk memiliki jadwal tidur yang konsisten, mengingat aktivitas sekolah dan perkembangan kognitif yang pesat.

6. Remaja (13-18 tahun): 8-10 Jam

Remaja seringkali memiliki jadwal yang padat dengan tugas sekolah dan aktivitas ekstrakurikuler. Meskipun demikian, tidur yang cukup tetap penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

Baca Juga: Benarkah Tidur dengan Selimut Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur?

7. Dewasa (18-64 tahun): 7-9 Jam

orang dewasa, waktu tidur yang ideal berkisar antara 7 hingga 9 jam

Bagi orang dewasa, waktu tidur yang ideal berkisar antara 7 hingga 9 jam per malam. Kebutuhan tidur dapat bervariasi, tetapi kualitas tidur juga harus diperhatikan.

8. Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 Jam

Meskipun lansia cenderung memiliki pola tidur yang lebih ringan, mereka masih membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk mendukung kesehatan jantung, otak, dan fungsi tubuh lainnya.

Itulah informasi mengenai waktu tidur yang baik berdasarkan usia. Perlu diingat, selain kuantitasnya, Anda juga perlu memperhatikan kualitas tidur.

Tidur yang berkualitas akan membantu Anda selalu merasa segar setelah bangun tidur. Lalu, bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas?

Tidur yang berkualitas bisa diperoleh dengan mengatur jadwal tidur yang konsisten dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

Salah satunya dengan memilih perlengkapan tidur yang nyaman dan berkualitas seperti sprei dan bedcovernya.

Anda bisa pertimbangkan untuk memilih sprei dan bedcover yang adem dan lembut seperti My Love Bedcover.

Pilihan motifnya juga sangat beragam dan Anda bisa cek koleksinya melalui website resmi My Love Bedcover. Checkout lebih mudah dengan garansi produk 100% ori dikirim langsung dari lokasi produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.