Mengenal Rapid Eye Movement (REM) dan Tahapan Tidur

Nama Motif: Maira

Tidur adalah bagian penting dalam kehidupan manusia yang memainkan peran krusial dalam menjaga kesehatan fisik dan mental.

Saat kita tidur, tubuh dan otak menjalani serangkaian tahapan yang terorganisir, salah satunya adalah Rapid Eye Movement (REM). 

Lalu, apakah tidur REM itu? Artikel ini akan membahas apa itu REM dan tahapan-tahapan tidur.

Apa itu Tidur REM?

Dikutip dari Sleep Foundation, tidur REM adalah tahap tidur yang berhubungan dengan mimpi dan konsolidasi memori. Tidur REM pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an.

Selama tidur REM, mata Anda bergerak cepat ke berbagai arah, namun tidak mengirimkan informasi visual apapun ke otak Anda.

Baca Juga: Waktu Tidur yang Baik Berdasarkan Usia, Wajib Tahu!

Apa yang Terjadi Selama Tidur REM?

Selama tidur REM, mata Anda bergerak cepat ke belakang mata yang tertutup, detak jantung Anda meningkat, dan pernapasan Anda menjadi tidak teratur.

Berbeda dengan tahapan tidur lainnya, di mana gelombang otak Anda melambat, otak Anda sangat aktif selama tidur REM, dan gelombang otak Anda menjadi lebih bervariasi.

Selama tidur REM, sebagian besar tubuh Anda bekerja dengan cara yang sama seperti saat Anda bangun, hanya saja mata Anda tertutup dan Anda mengalami kehilangan fungsi otot untuk sementara.

Tahapan Tidur

tahapan tidur

Sebagai bagian dari tidur malam penuh, Anda melewati empat fase tidur. Fase ini meliputi tiga tahap tidur non-REM, diikuti oleh satu tahap tidur REM. 

Setiap siklus melalui semua tahapan tidur membutuhkan waktu 90 hingga 120 menit untuk diselesaikan. 

Dengan setiap siklus baru, Anda menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur REM, dengan sebagian besar tidur REM Anda terjadi pada paruh kedua malam.

Tahap 1 : Memejamkan Mata

tahap tidur awal

Pada tahap ini, mata Anda tertutup, tetapi Anda mudah dibangunkan. Fase ini dapat berlangsung selama 5 hingga 10 menit.

Tahap 2 : Tidur Ringan

tahap tidur ringan

Pada tahap ini, detak jantung Anda melambat dan suhu tubuh Anda turun. Tubuh Anda sedang bersiap untuk tidur nyenyak. Ini bisa berlangsung selama 10-25 menit.

Baca Juga: Berapa Suhu Ruangan Normal untuk Tidur? Ini Jawabannya

Tahap 3 : Tidur Nyenyak

tahap tidur nyenyak

Ini adalah tahap tidur nyenyak. Lebih sulit untuk membangunkan Anda pada tahap ini, dan jika seseorang membangunkan Anda, Anda akan merasa disorientasi selama beberapa menit.

Tahap 4 : Tidur REM

tahapan tidur rapid eye movement

Biasanya, tidur REM terjadi 90 menit setelah Anda tertidur. Periode pertama REM biasanya berlangsung 10 menit. 

Masing-masing tahap REM selanjutnya menjadi lebih lama, dan tahap terakhir mungkin berlangsung hingga satu jam. Detak jantung dan pernapasan Anda menjadi lebih cepat.

Anda dapat mengalami mimpi yang intens selama tidur REM karena otak Anda lebih aktif. REM penting karena merangsang area otak yang membantu pembelajaran dan berhubungan dengan peningkatan produksi protein.

Nah itu dia informasi mengenai proses tidur REM dan tahapannya. Tahapan tidur ini akan berkaitan dengan kualitas tidur seseorang.

Jika seseorang bisa melewati fase-fase tidur dan istirahat dengan nyenyak, maka istirahatnya pun menjadi lebih berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah salah satu kunci untuk hidup yang sehat.

Lengkapi momen istirahatmu dengan perlengkapan tidur yang berkualitas, seperti sprei dan bedcover My Love.

Bahannya yang adem bisa membuat momen istirahat jadi lebih nyaman. Cek koleksi produknya melalui website resmi My Love Bedcover. Checkout lebih mudah dengan garansi produk 100% ori dikirim langsung dari lokasi produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.