5 Alasan Bersih-bersih Rumah Mempengaruhi Kesehatan Mental

Bersih-bersih rumah tidak hanya tentang menjaga kebersihan fisik rumah, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental.

Aktivitas ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mental karena dapat memberikan kepuasan dan membantu mengurangi stres serta meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Berikut adalah 5 alasan mengapa bersih-bersih menjadi cara menghilangkan stres di rumah dan dampaknya pada kesehatan mental Anda:

1. Relaksasi yang Mudah Dilakukan

Relaksasi yang Mudah Dilakukan

Saat Anda membersihkan dan merapikan, fokus pada tugas-tugas tersebut membantu mengalihkan pikiran dari stres dan kekhawatiran sehari-hari.

Ini dapat menciptakan suasana tenang yang membantu meredakan ketegangan mental. Sehingga bersih-bersih rumah dapat menjadi bentuk terapi relaksasi yang efektif.

Baca Juga: Cara Melipat Sprei Mudah dan Cepat, Anti Ribet!

2. Memberikan Kesenangan Tersendiri

Menyelesaikan tugas-tugas kecil seperti membersihkan kamar atau merapikan ruang kerja memberikan rasa kesenangan tersendiri ketika melihat semuanya sudah rapi. 

Merasa bahwa Anda dapat mengendalikan lingkungan sekitar Anda dapat memberikan kontrol, yang berkontribusi pada kesehatan mental yang baik.

3. Mempengaruhi Fokus

Dikutip dari Sleep Score, penelitian menemukan bahwa ruangan yang berantakan membuat sulit untuk fokus dan bahwa ruang yang rapi menyebabkan hal yang sebaliknya.

Jika Anda merasa kesulitan untuk fokus karena kekacauan yang ada di sekitar Anda, cobalah membersihkan sedikit ruang pada satu waktu agar tugas tersebut tidak membebani.

4. Menambah Produktivitas

Menambah Produktivitas

Ketika lingkungan kerja atau tempat tinggal Anda terorganisir, Anda dapat bekerja dengan lebih efisien tanpa terganggu oleh kekacauan atau stres yang dihasilkannya.

Ini dapat membantu menciptakan suasana yang positif dan mendukung kesehatan mental. Itulah mengapa ruang yang bersih dan teratur dapat meningkatkan produktivitas. 

5. Perasaan Kesegaran dan Kreativitas

Bersih-bersih rumah dapat memberikan perasaan yang segar. Udara yang bersih dan ruangan yang rapi dapat meningkatkan energi dan membantu meningkatkan mood.

Lingkungan yang segar dan bersih juga dapat merangsang kreativitas dan ide-ide positif.

Tips Membersihkan Rumah Supaya Menyenangkan 

Tips Membersihkan Rumah Supaya Menyenangkan

1. Lakukan Secara Bertahap

Jangan merasa perlu membersihkan semua sekaligus. Lakukan secara bertahap agar tidak merasa terbebani.

Baca Juga: Tips Hadirkan Kenyamanan Tempat Tidur Hotel di Rumah

2. Nikmati Prosesnya

Jadikan bersih-bersih rumah sebagai kesempatan untuk berhubungan dengan lingkungan Anda. Nikmati aroma pembersih, sentuhan bersih, dan perubahan yang Anda buat.

3. Libatkan Keluarga atau Teman

Bersih-bersih rumah bisa menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan jika melibatkan keluarga atau teman. 

Kerjasama membuat tugas-tugas rumah tangga dapat menciptakan pengalaman yang lebih positif dan menghadirkan rumah sehat untuk keluarga Anda.

Dengan menciptakan lingkungan yang bersih, teratur, dan menyenangkan, Anda tidak hanya menjaga kebersihan fisik tetapi juga mendapatkan manfaat rumah bersih yang berpengaruh pada kesehatan mental.

Agar lebih nyaman, lengkapi dekorasi ruangan dengan karpet California yang bahannya tebal, empuk, dan lembut.

Selain itu, karpet tebal ini sudah dilengkapi dengan anti slip sehingga tidak licin dan bergeser saat digunakan.

Komentar

Kata Riska Nur Azizah :

Betul banget, Min 🤩 Dengan bersih-bersih kita jadi produktif, apalagi saat bulan Ramadhan kayak gini kan, jadi kita nggak rebahan aja seharian wkwk.

Dan betul, pasti kita nikmati proses bersih-bersihnya, apalagi kalo kehendak sendiri, bukan karena disuruh mama hehe.

Terima kasih untuk rtikel yang sangat menarik dan bermanfaat 🤩🤩

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.