Teknik Rahasia: Cara Tidur Tercepat ala Militer dengan Metode Terkini bernapas untuk Kualitas Tidur Optimal

Apakah Anda sering merasa sulit untuk tidur dengan cepat, dan akhirnya begadang semalaman? Jika ya, Anda tidak sendirian. 

Sulit tidur telah menjadi tantangan umum yang dihadapi oleh banyak orang, dengan dampak negatif pada kesehatan psikologis dan fisik.

Sulit tidur bisa membawa efek negatif seperti kelelahan, kegelisahan, penurunan konsentrasi, dan peningkatan risiko penyakit lainnya.

Sebab itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara agar cepat tidur yang dapat membantu Anda.

Sebelumnya, mari perhatikan tiga faktor yang perlu dipertimbangkan karena berpengaruh pada kualitas tidur.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Tidur

  • Kebersihan Tempat Tidur

Pastikan tidur Anda berkualitas dengan menghadirkan tempat tidur yang bersih dan nyaman.

  • Lingkungan Kamar Tidur

Jaga agar kamar tidur Anda tenang, gelap, dan sejuk untuk menciptakan kondisi yang optimal untuk tidur.

Baca Juga: Bisakah Aromaterapi Membantu Tidur? Ini Penjelasannya

  • Aktivitas Siang Hari

Perhatikan kegiatan Anda di siang har. Hindari kafein atau makanan berat sebelum tidur, dan pastikan untuk berolahraga secara teratur.

Jika Anda sudah memperbaiki faktor tersebut dengan baik namun masih mengalami susah untuk tidur, beberapa metode ini mungkin dapat membantu Anda. 

4 Cara Tertidur dengan Cepat

empat cara tidur dengan cepat

Berikut ini adalah beberapa cara tertidur dengan cepat yang bisa Anda ikuti seperti dikutip dari Healthline.

1. Metode Militer 

Metode ini berasal dari buku Lloyd Bud Winter, "Relax and Win: Championship Performance" (1981) dan dikatakan membantu penerbang Angkatan Laut AS tidur dalam waktu singkat selama Perang Dunia II. 

Metode ini dapat dicoba dengan langkah-langkah sederhana berikut:

  • Relaksasikan wajah, bahu, dan kaki.
  • Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan.
  • Buang napas dan rilekskan dada Anda.
  • Lakukan pernapasan dalam selama 10 detik, sambil membayangkan pemandangan yang menenangkan.

2. Teknik 4-7-8

Dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil, teknik ini melibatkan pernapasan yang terfokus untuk membantu Anda tertidur. Praktikkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Tutup mulut Anda dan tarik nafas perlahan dan terkendali melalui hidung. Hitung sampai empat dalam benak Anda sambil mengisi paru-paru Anda dengan udara.
  • Tahan nafas Anda selama 7 detik. Ini adalah bagian terpenting dari latihan ini.
  • Buang nafas dengan perlahan dan sepenuhnya melalui mulut, selama 8 detik.

3. Relaksasi Otot 

Relaksasi Otot adalah metode pengurangan stres dengan merentangkan dan mengencangkan otot secara bertahap, dilanjutkan dengan relaksasi. Latihan ini dapat digunakan untuk gangguan tidur dan mengelola stres.

Latihan ini dilakukan dengan menegangkan dan merilekskan otot secara bertahap untuk melepaskan ketegangan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Angkat alis Anda setinggi mungkin selama 5 detik. Ini akan mengencangkan otot dahi Anda.
  • Rilekskan otot Anda segera dan rasakan ketegangannya mereda. Tunggu 10 detik.
  • Tersenyumlah lebar-lebar untuk menciptakan ketegangan di pipi Anda. Tahan selama 5 detik.
  • Setelahnya, beri jeda 10 detik kemudian miringkan kepala sedikit ke belakang agar Anda nyaman melihat ke langit-langit. Tahan 5 detik. Bersantailah saat leher Anda bersandar ke bantal.

Baca Juga: 4 Manfaat Mematikan Lampu saat Tidur yang Perlu Diketahui

4. Membayangkan Tempat yang Membuat Rileks

Membayangkan suatu tempat yang menenangkan sebelum tidur dapat menjadi teknik yang efektif untuk menciptakan kondisi mental yang lebih rileks.

Dengan fokus pada visualisasi lingkungan yang menenangkan, seperti pantai yang sejuk atau hutan yang sunyi, Anda dapat mengalihkan pikiran dari stres sehari-hari dan kecemasan.

Cara ini membantu meredakan ketegangan dan menenangkan sistem saraf, menciptakan suasana mental yang mendukung tidur berkualitas.

Studi dari Universitas Oxford pada tahun 2002 menunjukkan bahwa keterlibatan dalam "pengalihan imaji" dapat mempercepat proses tidur.

Dengan demikian, membayangkan tempat yang menenangkan dapat menjadi salah satu strategi praktis untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Itu dia beberapa cara tertidur dengan cepat yang bisa Anda ikuti. Pastikan perlengkapan tidurnya pun nyaman seperti sprei dan bedcover yang adem dan lembut.

Anda bisa cek koleksi sprei adem dari My Love untuk menemani Anda beristirahat dengan lebih nyaman. Dengan kenyamanan seperti sprei hotel, sprei bagus dari My Love jadi pilihan tepat untuk Anda.

Kunjungi website resmi My Love Bedcover, belanja lebih mudah dengan garansi produk 100% ori dikirim langsung dari lokasi produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.