Ketahui Cara Menenangkan Pikiran sebelum Tidur, Apa Saja?

Bagi Anda yang sering gelisah sebelum tidur, mungkin Anda pernah mencari tahu bagaimana cara menenangkan pikiran agar bisa tidur lebih damai.

Kekhawatiran kita sehari-hari terkadang masih terbawa ke pikiran di malam hari dan ini dapat menjadi penyebab susah tidur.

Terkadang, kekhawatiran tersebut bisa berdampak nyata sehingga terlalu memikirkan setiap hal kecil dan berdampak pada insomnia.

Agar bisa berpikiran positif dan tidur lebih optimal, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Menenangkan Pikiran Sebelum Tidur

1. Kurangi Kafein Sebelum Tidur

Kurangi Kafein Sebelum Tidur

Dikutip dari Sleep Station, kafein dikenal dapat mengganggu kualitas tidur. Penyebabnya yakni kafein dapat meningkatkan kadar kortisol dan adrenalin dalam tubuh yang kemudian dapat mengganggu tidur Anda.

Selain itu, jika Anda sudah stres, kadar hormon-hormon ini akan meningkat. Jadi alahkah baiknya untuk membatasi asupan kafein saat Anda merasa stres atau cemas. 

2. Lakukan Meditasi Singkat

Meditasi adalah salah satu cara menenangkan pikiran yang cukup populer. Luangkan waktu sebelum tidur untuk duduk dengan nyaman dan fokus pada pernapasan. 

Meditasi sederhana selama 10-15 menit dapat membantu mengurangi stres dan mempersiapkan pikiran Anda untuk tidur.

3. Tulis Jurnal atau Catatan Positif

Tulis Jurnal atau Catatan Positif

Menulis jurnal dapat menjadi cara yang efektif untuk melepaskan pikiran dan perasaan yang mungkin mengganggu tidur Anda. 

Tuliskan hal-hal positif yang terjadi hari ini atau ungkapkan perasaan Anda. Ini membantu membersihkan pikiran negatif dan menciptakan suasana pikiran yang lebih positif.

Baca Juga: Manfaat Tidur Lebih Awal untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

4. Dengarkan ASMR Suara yang Menenangkan

Mendengarkan ASMR merupakan salah satu cara menenangkan pikiran yang satu ini cukup populer digunakan. 

ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response merupakan suara yang bisa menenangkan. Misalnya suara suara alam seperti suara ombak atau hujan. 

Mendengarkan ASMR dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan memudahkan Anda untuk tidur lebih nyenyak. 

5. Terapkan Teknik Peregangan Ringan atau Yoga

Terapkan Teknik Peregangan Ringan

Cara menenangkan pikiran berikutnya adalah dengan latihan ringan atau peregangan sebelum tidur. Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan otot tubuh dan melatih pernafasan

Cobalah beberapa gerakan yoga yang sederhana atau peregangan ringan untuk melemaskan otot tubuh dan menenangkan pikiran Anda.

6. Batasi Penggunaan Layar Gadget

Hindari menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet sebelum tidur. Paparan cahaya dari layar gadget dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Gantilah aktivitas dengan membaca buku atau melakukan kegiatan tanpa layar.

Baca Juga: Kenali Gangguan Tidur Junk Sleep hingga Cara Menghindarinya

7. Mengatur Nafas

Mengatur Nafas

Cara menenangkan pikiran yang terakhir adalah dengan mengatur teknik pernafasan yang dalam untuk membantu menenangkan sistem saraf dan meredakan stres. 

Latihan pernapasan seperti pernapasan diafragma atau pernapasan 4-7-8 dapat membawa Anda ke dalam keadaan tenang sebelum tidur.

Nah itu dia beberapa cara menenangkan pikiran sebelum tidur yang bisa Anda coba. Selain itu, persiapkan perlengkapan tidur yang nyaman agar istirahat makin optimal.

Misalnya dengan menggunakan sprei dan bedcover yang adem seperti My Love. Pilihan motifnya juga beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan tema kamar Anda. Serta Pilihan ukuran yang lengkap dari sprei 100x200cm sampai yang terbesar yakni 200x200cm.

Cek koleksinya di website resmi My Love Bedcover. Belanja lebih mudah dengan garansi 100% ori dikirim langsung dari tempat produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.