7 Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Si Kecil

Tidak hanya untuk sekadar menghibur saja, ada beberapa manfaat membacakan dongeng sebelum tidur untuk tumbuh kembang anak di masa yang akan datang. 

Mendongeng akan membantu untuk merangsang kemampuan anak dalam mengenal suara dan mendengarkan. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari membacakan dongeng sebelum tidur?

Manfaat Membaca Dongeng untuk Si Kecil

Berikut adalah beberapa manfaat membacakan kisah sebelum tidur untuk tumbuh kembang si kecil.

1. Menghibur

Manfaat dongeng: menghibur
 

Manfaat dongeng sebelum tidur untuk si kecil yang pertama adalah sebagai sarana hiburan mereka. Dongeng menghadirkan cerita-cerita menarik dengan berbagai karakter yang unik, petualangan yang menegangkan, dan pesan-pesan yang berharga. 

Saat mendengarkan dongeng, si kecil akan terbawa ke dalam dunia imajinasi yang penuh warna, sehingga dapat melupakan segala kekhawatiran atau kelelahan mereka dari aktivitas sehari-hari.

2. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dan Memahami Kata-Kata Baru

manfaat dongeng mengasak kemampuan berbahasa
 

Selain sebagai sarana hiburan, membacakan kisah sebelum tidur juga memiliki manfaat dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak dan membantu mereka memahami kata-kata baru beserta artinya.

Melalui pengulangan cerita yang sering didengar, anak-anak secara alami akan menyerap dan memahami pola bahasa yang digunakan dalam cerita tersebut. Semakin banyak kata yang didengarnya membuat kemampuan bahasa mereka semakin baik. 

Baca Juga: 4 Aktivitas Family Time di Tempat Tidur

3. Keterampilan Membaca 

keterampilan membaca
 

Anak-anak dapat belajar mengenali huruf-huruf, kata-kata, dan kalimat-kalimat yang digunakan dalam cerita. Mereka dapat mengamati bagaimana kata-kata tertulis diucapkan dan dipahami. 

Selain itu, anak-anak juga dapat mengembangkan pemahaman tentang tanda baca, struktur paragraf, dan cara menyusun cerita yang koheren.

Inilah yang akan meningkatkan keterampilan anak dalam membaca dan juga pemahaman anak tentang dunia di sekitarnya. 

4. Keterampilan Sosial

kemampuan sosial

Manfaat membacakan dongeng yang berikutnya adalah membantu untuk mengasah keterampilan sosial si kecil melalui cerita yang didengar. Nantinya anak akan memperhatikan cara penyampaian setiap tokohnya. 

Di mana ada emosi marah, bahagia, takut, yang mana akan membantunya untuk memahami setiap interaksi yang diberikan oleh orang lain. Tanpa disadari anak akan belajar cara berinteraksi dan mengenal perasaan atau emosi. 

5. Keterampilan Kognitif

kemampuan kognitif

Dalam cerita dongeng, anak-anak juga dihadapkan pada berbagai konflik dan masalah yang harus dipecahkan oleh tokoh-tokoh cerita.

Hal ini mendorong mereka untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis. 

Si kecil dapat belajar mengidentifikasi penyebab masalah, mengevaluasi pilihan-pilihan yang ada, dan menarik kesimpulan tentang resolusi yang terjadi dalam cerita.

6. Membantu Anak Tidur

bantu anak tidur
Proses mendengarkan cerita dongeng sebelum tidur menciptakan suasana yang menenangkan. Cerita dengan tema yang positif dan menghibur juga dapat membantu mengurangi kecemasan atau ketakutan yang mungkin dirasakan oleh si kecil.

7. Meningkatkan Hubungan Orangtua dan Anak

mendekatkan hubungan anak dan orang tua
 

Aktivitas membaca cerita dongeng sebelum tidur ini bisa membantu untuk mempererat ikatan batin antara orangtua dan anak.

Ketika membaca dongeng proses komunikasi yang sangat interaktif antara orangtua dan anak akan terjalin dengan baik.

Dengan memberikan waktu khusus untuk cerita dongeng sebelum tidur, Anda tidak hanya memberikan kenangan indah bagi si kecil, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. 

Jadi, jangan ragu untuk melibatkan cerita dongeng dalam rutinitas tidur si kecil, dan saksikanlah manfaatnya yang luar biasa dalam kehidupan mereka.

Baca Juga: Sprei Untuk Si Kecil Beristirahat dengan Nyaman

Berikan Kenyamanan di Kamar Si Kecil Bersama My Love

Membacakan dongeng sebelum tidur menjadi salah satu cara untuk mengantarkan anak menuju istirahat yang nyaman dan lelap.

Selain itu, Anda perlu pastikan bahwa tempat istirahat si kecil nyaman, mulai dari kasur, hingga sprei dan bedcovernya.

Untuk urusan sprei dan bedcover, Anda bisa cek produk My Love dan California by My Love. Bahannya lembut dan motif sprei anak pun beragam.

Pilih produk berdasarkan kebutuhan, seperti ukuran, motif, dan material yang diinginkan.

Belanja bedcover dan sprei dari My Love pun kini lebih mudah dan aman melalui website resmi My Love Bedcover karena barang langsung dikirim dari tempat produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.