6 Jenis Istirahat Selain Tidur, Apa Saja?

Tahukah Anda bahwa ada jenis istirahat lain selain tidur? Ternyata, beda penyebab maka beda juga jenis kebutuhan istirahatnya.

Jika Anda kelelahan secara fisik, mungkin tidur selama beberapa jam akan membantu memulihkan kekuatan Anda. Tapi bagaimana dengan kelelahan secara emosional? 

Tentunya, tidur saja tidak akan cukup untuk menghilangkannya. Ketahui jenis-jenis rehat selain tidur untuk membantu Anda memilih jenis yang tepat demi mendapatkan hasil yang maksimal berdasarkan kelelahan yang Anda rasakan melalui artikel berikut ini. 

Jenis Istirahat Selain Tidur

Berikut adalah beberapa jenis istirahat selain tidur yang perlu Anda ketahui.

1. Istirahat Fisik

Dibandingkan dengan jenis kelelahan lainnya, kelelahan fisik tampaknya paling mudah untuk diketahui solusinya. Istirahat fisik dibutuhkan setelah kita lelah karena banyak beraktivitas ataupun berolahraga. 

Selama istirahat fisik, tubuh melakukan berbagai perbaikan, seperti memperbaiki otot yang mungkin rusak dan mengisi ulang energi yang digunakan selama beraktivitas. Istirahat fisik membantu menjaga keseimbangan dan mencegah kita dari cedera.

2. Istirahat Mental

Jika akhir-akhir ini Anda sering merasa sulit fokus dalam bekerja, mudah teralihkan perhatiannya, dan merasa kewalahan, mungkin Anda sedang mengalami kelelahan mental. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu rehat mental atau mental rest. Dengan mental rest, Anda bisa membantu otak Anda rilex dengan lebih baik.

Untuk merehatkan mental, Anda perlu untuk mengambil jeda untuk rehat sejenak di sela-sela pekerjaan Anda sehari-hari. 

Selain itu, Anda juga bisa menjauhkan diri dari gadget setiap kali hendak tidur dan memberikan waktu kepada otak Anda untuk bersantai.

3. Istirahat Sosial

Bagi Anda yang sehari-harinya harus berinteraksi dengan banyak orang, menyediakan waktu untuk social rest dan me time akan sangat bermanfaat.

Merehatkan diri secara sosial akan membantu Anda memulihkan tenaga untuk menyeimbangkan antara hubungan sosial yang menyita energi dan hubungan sosial yang dapat membuat diri Anda lebih berkembang.

Agar dapat merehatkan diri dari hubungan sosial yang melelahkan, Anda bisa menolak undangan bersosialisasi yang tidak terlalu mendesak. 

Alih-alih menghabiskan waktu untuk hangout di café, Anda bisa pergi ke gym untuk berolahraga atau ke tempat-tempat yang tidak dikunjungi banyak orang. 

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengurangi frekuensi melakukan kegiatan di luar bersama teman-teman.

Baca Juga: Coba 5 Kebiasaan Positif Ini Sebelum Tidur, Yuk!

4. Istirahat Emosional

Tingkat stres yang ekstrim dapat menyebabkan Anda kelelahan secara emosional. Untuk itulah, istirahat emosional diperlukan untuk membuat hidup Anda lebih produktif dan kembali fokus pada pekerjaan.

Anda bisa menentukan batasan-batasan dengan mengatakan “Ya” atau “Tidak” pada hal-hal yang ditawarkan pada Anda. 

Berikan diri Anda waktu untuk rehat sejenak dan ciptakan safe space dimana Anda bisa mencurahkan apa yang Anda rasakan. 

Sebisa mungkin hindari media sosial saat ingin mencurahkan perasaan karena hal itu dapat menimbulkan masalah baru.


5. Istirahat Sensorik

Merehatkan sensorik diperlukan jika Anda mulai merasakan hal-hal seperti rasa cemas yang tiba-tiba saat melihat sesuatu. 

Kecemasan ini bisa diakibatkan oleh hal sederhana seperti cahaya terang, notifikasi di handphone, suara yang keras, dan lain-lain. 

Untuk mendapatkan sensory rest yang berkualitas, Anda bisa mematikan semua notifikasi di gadget Anda selama beberapa jam sehari, melakukan meditasi, dan mengikuti terapi khusus untuk mengembalikan kemampuan sensorik.

6. Creative Rest

Creative rest dibutuhkan jika Anda tiba-tiba kehilangan ide atau inspirasi untuk menciptakan suatu karya.  

Hal ini biasanya dialami oleh seniman, penyanyi, penulis, dan orang-orang yang bekerja di bidang kreatif lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa pergi berjalan-jalan di alam bebas, taman, atau pantai. 

Baca Juga: 5 Tips Tidur Lebih Nyenyak yang Mudah!

Nah itu dia beberapa jenis istirahat selain tidur yang perlu Anda ketahui. Meski demikian, sangat penting untuk menjaga kualitas tidur dengan maksimal.

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menggunakan bedcover dan sprei yang berkualitas. Anda bisa gunakan koleksi dari My Love, California by My Love, atau Hawaii by My Love untuk menunjang keperluan istirahat.

Tersedia juga berbagai motif yang bisa mendukung suasana kamar tidur jadi lebih nyaman dan sesuai keinginan.

Anda bisa cek motif, tipe, ukuran dan harganya langsung di website resmi My Love Bedcover. Selain itu, pembelian juga dapat langsung dilakukan di sana sehingga sangat praktis.

Dapatkan juga berbagai promo mulai dari diskon hingga gratis ongkir. Jaminan produk juga 100% Ori dan dikirim langsung dari tempat produksi sehingga kualitasnya terjamin.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.