Coba 5 Kebiasaan Positif Ini Sebelum Tidur, Yuk!

Ada beberapa kebiasaan baik yang dapat Anda lakukan sebelum tidur. Tidur merupakan cara yang paling tepat untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas.

Namun, tak jarang beberapa orang mengalami kesulitan untuk tidur dan hal tersebut dapat berkembang menjadi sebuah masalah. 

Tahukah Anda ada beberapa aktivitas sebelum tidur yang dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas tidur? Apa sajakah itu?

Aktivitas Positif Sebelum Tidur

Beberapa aktivitas ini bisa memberikan dampak positif bagi tubuh agar lebih bugar keesokan harinya. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat Anda coba lakukan sebelum tidur.

1. Meditasi atau Menenangkan Pikiran

kebiasaan sebelum tidur: menenangkan diri

Jika Anda memiliki hari yang sangat melelahkan dan juga pikiran terasa penat dan mengganggu tidur, cobalah untuk melakukan meditasi. Anda dapat memasang aromaterapi yang mempunyai wangi menenangkan. 

Selain itu, Anda juga membuat suasana kamar menjadi redup dan pejamkan mata untuk beberapa saat supaya pikiran lebih rileks. Meditasi ini tidak hanya bermanfaat untuk membantu menghilangkan stress. 

Lebih dari itu bahkan ketika Anda sakit kepala dapat melakukan meditasi. Banyak orang yang sudah membuktikan dengan melakukan meditasi membantu tidur lebih nyenyak dan pikiran menjadi tenang. 

Baca Juga: 5 Tips Tidur Lebih Nyenyak yang Mudah!

2. Minum Air Putih

kebiasaan sebelum tidur - minum air putih

Pastinya sudah banyak orang yang tahu jika air putih sangat baik untuk tubuh terutama bisa menjaga kelembaban kulit ketika Anda sedang tidur.

Minum air putih beberapa jam sebelum tidur nyatanya bisa membuat tubuh terasa lebih baik. Selain itu, Anda dianjurkan untuk menghindari minuman dan makanan yang memiliki banyak kandungan kafein di dalamnya seperti coklat dan kopi. 

3. Membersihkan Tubuh dan Cuci Muka 

Membersihkan Tubuh dan Cuci Muka

Membersihkan tubuh dan cuci muka sebelum Anda tidur akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Bila dilakukan dengan waktu yang tepat, maka bisa membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak. 

Membersihkan tubuh serta mencuci muka 90 menit sebelum tidur dengan menggunakan air hangat dapat membantu untuk tidur 10 menit lebih cepat dari yang biasanya. 

Selain itu, mandi maupun cuci muka sebelum tidur ternyata dapat membantu terhindar dari jerawat.  Setelah Anda beraktivitas seharian di luar rumah pastinya akan ada banyak polusi yang menempel di tubuh dan wajah bercampur dengan keringat.

Hal tersebut akan membuat kotoran menumpuk di pori-pori bila tidak dibersihkan sehingga bisa menimbulkan jerawat.

Oleh sebab itu, membersihkan tubuh dan cuci muka di malam hari bukan hanya akan membantu untuk membersihkan pori-pori. Hal ini membuat tubuh Anda dalam keadaan yang rileks dan nyaman. 

Baca Juga: 5 Manfaat Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari

4. Simpan Smartphone

Simpan Smartphone

Beberapa orang memiliki rutinitas sebelum tidur malam dengan cara menonton film maupun melihat media sosial. 

Padahal kebiasaan tersebut memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan dan juga kualitas tidur Anda.

Perangkat elektronik akan memancarkan blue light atau cahaya biru yang sangat kuat. Blue light ini dapat memanipulasi bagian otak sehingga membuat kita mengira waktu malam adalah siang hari sehingga otak akan memerintah tubuh untuk terus terjaga. 

Sebab itu, disarankan meninggalkan ponsel maupun perangkat elektronik 30 menit – 1 jam sebelum tidur. Awal-awal hal tersebut memang akan sangat sulit untuk dilakukan. Namun jika konsisten serta memiliki tekad yang kuat, pasti akan memberikan hasil yang baik. 

5. Merapikan Tempat Tidur

merapikan tempat tidur

Merapikan bagian-bagian tempat tidur sebelum pergi tidur ternyata memiliki banyak manfaat. Merapikan tempat tidur bisa memberikan efek relaksasi yang dapat membantu mengatur suasana hati.

Jangan lupa untuk memilih dan menggunakan sprei yang tepat. Anda bisa gunakan koleksi dari My Love, California by My Love, atau Hawaii by My Love untuk menunjang keperluan istirahat.

Tersedia juga beragam motif yang bisa mendukung suasana kamar tidur jadi lebih nyaman dan sesuai keinginan.

Anda bisa cek motif, tipe, ukuran dan harganya langsung di website resmi My Love Bedcover. Selain itu, pembelian juga dapat langsung dilakukan di sana sehingga sangat praktis.

Dapatkan juga berbagai promo mulai dari diskon hingga gratis ongkir. Jaminan produk juga 100% Ori dan dikirim langsung dari tempat produksi sehingga kualitasnya terjamin.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.