Tidak Bisa Tidur? Coba Lakukan 7 Aktivitas Ini!

Apakah Anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Jika pernah merasa tidak bisa tidur, Anda tidak sendirian. 

Gangguan tidur dapat menjadi masalah yang mengganggu, namun ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda coba ketika sulit tidur. 

Aktivitas yang bisa Dilakukan Ketika Tidak Bisa Tidur

Mengatasi masalah tidak bisa tidur dapat menjadi tantangan, tetapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Berikut adalah Tujuh hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi susah tidur malam, seperti yang disarankan oleh para ahli dikutip dari Very Well Health.

1. Relaksasi atau Olahraga Ringan

Olahraga Ringan

Menurut Jade Wu, PhD, seorang psikolog tidur bersertifikat asal Amerika, melakukan aktivitas fisik secara teratur tidak hanya meningkatkan kesehatan Anda, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Olahraga di luar ruangan juga memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan cahaya alami, membantu mengatur siklus tidur-bangun.

Baca Juga: Tidur dengan Lampu Menyala atau Lampu Mati, Mana yang Lebih Sehat?

2. Dengarkan Musik Santai

Mendengarkan musik yang cocok dapat menjadi kunci untuk mengalihkan pikiran dari stres dan membantu Anda tidur. Pilihlah musik yang lambat, dengan irama yang lembut dan melodi yang menenangkan. 

3. Hindari Kafein dan Makanan Berat

hindari kafein dan makanan berat

Berhenti makan sekitar dua hingga tiga jam sebelum tidur untuk memastikan tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan. 

Hindari makanan tinggi gula, karbohidrat, dan kafein sesaat sebelum tidur, karena hal ini dapat membuat tubuh tetap aktif dan meningkatkan suhu tubuh, sehingga Anda tidak bisa tidur.

4. Atur Nafas

Atur nafas adalah teknik yang telah terbukti membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Cobalah latihan pernapasan berikut saat Anda tidak bisa tidur.

Tarik nafas dalam-dalam hingga hitungan empat, kemudian tahan napas selama empat hitungan, dan hembuskan udara selama empat hitungan. Ulangi proses ini secara perlahan untuk mencapai ketenangan.

5. Hindari Pemakaian Gadget 

hindari penggunaan gadget

Hindari penggunaan ponsel atau tablet, karena paparan cahaya dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur-bangun. 

Untuk bersantai, pertimbangkan mendengarkan podcast atau audio book daripada menggunakan perangkat elektronik.

Baca Juga:7 Cara Praktis Agar Anda Tidur Lebih Cepat Malam Ini!

6. Berpikir Positif Sebelum Beristirahat

Seseorang yang sering mengalami tidak bisa tidur di malam hari, terkadang menganggap bahwa tidur adalah beban yang sulit untuk dilakukan.

Jika Anda pernah merasa demikian, ubah pandangan Anda tentang tidur. Jangan anggap tidur sebagai beban atau tugas, tetapi sebagai aktivitas yang diperlukan tubuh dan pikiran melalui tidur. 

Nikmatilah tidur sebagai waktu istirahat yang penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda.

7. Merapikan Tempat Tidur agar Nyaman

merapihkan tempat tidur

Pastikan Anda memiliki lingkungan tidur yang nyaman, dengan tempat tidur yang baik, selimut dan bantal yang cukup, serta kamar tidur yang tenang, gelap, dan sejuk.

Pastikan juga perlengkapan tidur seperti sprei dan bedcovernya memiliki bahan yang adem sehingga Anda tidak akan kegerahan saat tidur.

Pilih sprei yang adem dan berkualitas seperti sprei My Love. Pilihan motifnya juga beragam dan bisa langsung dicek di website resmi My Love Bedcover

Belanja lebih mudah dengan garansi produk ori 100% dikirim langsung dari lokasi produksi.

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.