Yuk Jalani 4 Kunci Memulai Gaya Hidup Sehat!

Menginjak akhir tahun 2022, banyak hal yang telah dilalui dan pelajaran yang dapatkan. Kamu mungkin telah melalui banyak rintangan dan pencapaian selama setahun ini. Namun bukan berarti kamu melupakan untuk memulai gaya hidup sehat yang penting.

Memulai gaya hidup yang sehat sebenarnya bisa kapan saja, namun resiko kesehatan juga bisa datang kapan saja. Maka dari itu lebih baik tambahkan kebiasaan hidup sehat untuk membuat fisik dan mental lebih sehat sebelum datangnya penyakit. 

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi sehat. Kalau kamu ingin memulainya, bisa dengan menyiapkan diri dari pengetahuan dahulu sebelum akhirnya memulai mempraktikkan. Kamu bisa memulainya dengan mengetahui empat kunci gaya hidup sehat.

Melansir happybeing, setidaknya kita perlu mengatur empat kunci gaya hidup atau kebiasaan agar mencapai tubuh serta pikiran yang sehat. Penjelasan empat kunci itu yakni nutrisi, fisik, tidur, dan pengendalian stress yang manfaatnya membuat sehat fisik dan mental.  

makanan sehat

       1. Nutrisi

Kunci pertama dalam memulai hidup sehat yakni mengetahui hal yang berkaitan dengan nutrisi ataupun asupan tubuh. Sederhananya, seberapa sehat makanan dan minum yang kamu konsumsi. Kebutuhan nutrisi untuk tubuh akan berkaitan dengan karbohidrat, air, vitamin, protein, dan mineral. 

Tapi masalahnya adalah kebanyakan orang malah salah paham tentang asupan yang sehat. Sehingga banyak orang yang terjebak dan bingung memilih makanan yang sebenarnya baik untuk tubuh. Nutrisi yang baik berasal dari makan-makanan “asli”, bukan dari makanan junk food atau makanan instan. 

 Asupan Nutrisi yang Perlu Dihindari:

  • Makanan dan minuman mengandung gula.
  • Makanan yang mengandung gandum olahan seperti tepung terigu dan olahan berbahan tepung.
  • Lemak trans seperti mentega, popcorn, dan keripik.
  • Makanan yang diolah lewat pabrik/mesin.

     Asupan Nutrisi yang Perlu Dikonsumsi:

    1. Daging, ikan, dan telur.
    2. Sayuran.
    3. Umbi-umbian seperti kentang dan ubi.
    4. Buah-buahan.

      Langkah pertama gaya hidup sehat ini banyak dianjurkan oleh profesional. Dengan memperhatikan asupan yang sehat membuat pencernaan bekerja lebih baik dan nantinya berpengaruh ke energi serta fisikmu. 

      kebugaran jasmani

              2. Olahraga

      Kalau sebelumnya membahas soal asupan, selanjutnya membahas olahraga. Gaya hidup sehat tentunya perlu dibarengi kegiatan fisik yang membuat otot bekerja mencapai batasnya. Apalagi sekarang jenis olahraga amat beragam dari olahraga individu, kelompok, serta dengan fasilitas yang mendukung. 

      Olahraga amat perlu dilakukan termasuk jika kegiatan harianmu banyak dihabiskan di depan komputer. Kamu bisa lakukan jenis olahraga indoor dengan mengikuti gerakan di youtube. Dengan melakukan aktivitas fisik membuat kesehatanmu bukan cuma soal asupan saja, tetapi sehat secara fisik dari rasa rentan pegal dan cedera. 

      tidak stress

             3. Kontrol Stres

      Namanya hidup pasti selalu ada hari yang tak berjalan semestinya dan membuat diri jadi stress. Tapi menariknya, ketika kamu bisa mengendalikan stress, kamu bisa punya peluang tambahan menjalani hidup yang sehat. 

      Kesadaran orang-orang mengenai pengaruh stress ke kesehatan fisik dan mental pun kini makin bertambah. Apalagi sumber stress sendiri berasal dari dalam pikiran namun bisa mempengaruhi bagian fisik. 

      Salah satu tips menghindari stress ialah menghindari hal-hal yang tak terlalu penting atau menyederhanakan gaya hidup. Tips lainnya yakni dengan menuliskan kegiatan harian seperti daily to-do-list dan lakukanlah liburan untuk menyenangkan dirimu sendiri.  

      menjaga kualitas tidur

             4. Tidur

      Kunci kesehatan terakhir yang harus kamu ketahui yakni soal tidur. Ketika tidurmu dilakukan dengan baik maka fisik, mental, tingkat stress akan lebih baik. Sesuai anjuran ahli kesehatan, durasi tidur ialah delapan jam setiap harinya dan dilakukan malam hari. Sedangkan salah satu ciri tidur berkualitas yaitu kamu merasa segar ketika bangun tidur. 

       Beberapa tips tidur yang lakukan:

      • Biasakan mulai tidur dan bangun tidur di jam yang sama setiap hari. 
      • Hindari makan berat dan minuman berasa tiga jam sebelum tidur.
      • Jaga kebersihan kamar.
      • Buat tempat tidur senyaman mungkin.
      • Gelapkan kamar. 

      Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana memulai gaya hidup sehat. Lakukan empat kunci hidup sehat secara berimbang karena nutrisi, olahraga, kelola stress, dan tidur sangat berkaitan. Jadikan empat kunci tadi sebagai panduan awal untuk mulai gaya hidup yang sehat! 

      ***

      Semoga setelah mengetahui manfaatnya kamu jadi termotivasi memulai gaya hidup baru yang sehat. Sertakan sprei dan bed cover My Love yang adem dikenakan untuk tambah kualitas istirahat tidurmu. Cek motif My Love lebih lengkap di halaman brosur dan dapatkan di tokopedia dan shopee

      Tinggalkan komentar

      Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.