5 Manfaat Kebiasaan Baca Buku Sebelum Tidur

Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui jika gadget jadi salah satu sumber masalah tidur, namun kebiasaan ini justru sulit dilepas. Akibat kebiasaan tersebut membuat tubuh kesulitan tidur dan tidak mendapat istirahat yang cukup. Supaya kebiasaan gadget bisa berkurang, sebaiknya cobalah menggantinya dengan baca buku sebelum tidur.

Sebagaimana yang telah diketahui, membaca buku saja saja sudah membawa banyak manfaat. Kamu bisa kembangkan wawasan dan menjadi cara relaksasi tubuh dari pengaruh menggunakan gawai. 

Terlebih jika membaca buku sebelum tidur justru punya manfaat tambahan yang berkaitan dengan kesehatan tidur. Buku tidak akan membuatmu kesulitan tidur karena tidak memancarkan sinar biru seperti gadget. Sehingga kamu bisa tidur lebih cepat, tubuh mendapat istirahat, dan punya wawasan baru dari buku. 

Yuk Ketahui Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur!

membaca buku

       1. Meredakan Stress 

Stres adalah salah satu penyebab insomnia atau gangguan tidur. Salah satu studi di University of Sussex menemukan bahwa 30 menit membaca buku sebelum tidur membantu mengurangi tingkat stres lebih baik daripada metode relaksasi lainnya.

Hasil penelitian tadi setidaknya bisa memberi sisi positif untuk menyempatkan membaca buku. Setidaknya, membaca buku sebanyak 10 halaman atau selama 30 menit setiap malam agar menenangkan otak dan mengurangi hormon stres. 

       2. Aktivitas Terbaik Sebelum Tidur

Dibanding aktivitas sebelum tidur lainnya, baca buku adalah adalah cara yang paling efektif. Kondisi otak yang sudah tenang membuat otak bisa memberi sinyal pada tubuh untuk memulai beristirahat dan tidur.

Setidaknya butuh sekitar satu jam bagi tubuh hingga muncul rasa kantuk dan tidur. Daripada menunggu waktu satu jam, kamu bisa isi kegiatan dengan baca buku yang bisa mempercepat rasa kantuk. Justru kebiasaan positif ini perlu untuk dijadikan prioritas aktivitas sebelum tidur. 

       3. Tubuh jadi Rileks

Seharian beraktifitas bakal menghabiskan tenaga yang lebih banyak dari biasanya. Setelah beraktifitas seharian dan sampai rumah, kamu perlu membuat tubuh menjadi rileks dan segar kembali. Kamu bisa sempatkan baca buku juga selagi mengistirahatkan tubuh sebelum tidur. 

Kamu bisa biasakan untuk duduk bersandar di sofa untuk melemaskan kaki, punggung, dan bagian tubuh lainnya. Selagi duduk kamu bisa sambil membaca buku untuk membuat pikiran lebih rileks pula. Dibanding sambil scrolling medsos bisa membuat pikiran sulit untuk rileks. 

       4. Bisa Menciptakan Mimpi

Apapun buku yang kamu baca sebelum tidur punya peluang menjadi bagian mimpi ketika tidur. Semisal kamu membaca novel, bisa jadi karakter dan tempat berubah menjadi bagian bunga tidurmu. Kenapa bisa begitu?

Salah satu alasannya yaitu karena mimpi berasal pikiran alam bawah sadar dan sesuatu yang dilihat maupun alami. Sedangkan dengan membaca buku membuat pikiran menyerap cerita jadi bagian alam bawah sadar yang bisa nantinya jadi mimpi. Apalagi membaca buku dilakukan ketika sebelum tidur sehingga punya pengaruh ke mimpi yang relatif besar. 

      5. Waktu yang Tepat Menambah Wawasan

Manfaat dari membaca buku pastinya menambah wawasan dan kreativitas. Namun karena kesibukkan harian membuat kebiasaan baik ini malah sulit dilakukan. Sedangkan dengan membaca ketika malam hari punya waktu senggang yang lebih lama.

Malam hari jadi waktu yang tepat untuk membaca buku karena kesibukanmu sudah selesai. Selain itu, malam hari punya lebih sedikit gangguan dari teman atau kerja. Apalagi malam hari menjadi waktu yang semua orang gunakan untuk beristirahat dan tidak mau mendapat gangguan juga. 

Sehingga kamu bisa maksimal mendapat wawasan dan kreativitas dari buku favoritmu. Siapa tau berkat buku yang dibaca membantumu menjalani aktivitas harian jadi lebih produktif dan kreatif lagi.  

Rupanya, kualitas tidur yang lebih baik bisa dimulai dengan menyempatkan membaca buku. Daripada kebiasaan menyibukkan diri dengan gadget sebelum tidur justru tidak baik karena mengurangi kantuk. Maka dari itu alangkah baiknya mengganti kebiasaan tersebut dengan membaca buku yang membuatmu lebih wawasan dan kreatif lagi!

***

Hawaii Lovers, suasana tidur jadi salah satu yang bikin kamu nyaman beristirahat! Spreii Hawaii bisa sulap suasana kamar jadi lebih menarik dengan motif-motif bed cover dan sprei yang bervariasi. Tinggal kamu sesuaikan dengan suasana kamar yang kamu inginkan dengan motif Hawaii yang ada di katalog serta bisa didapat di Shopee dan Tokopedia

Tinggalkan komentar

Catatan: komentar akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.